Arak bali+Kegiatan Upacara

Adalah suatu fenomena yang sudah sangat lama dan sangat sering kita lihat di Bali, khusus nya di Banjar kita, Minuman Arak Bali ,yang sering kita temui di saat ada upacara-upacara adat, kebetulan tadi sempat kundangan ke rumah yang punya acara pernikahannya  [Pawiwahan/Nganten] Kadek Pipik, entah saya kurang tahu pasti nama  aslinya cuma tahu nama panggilan di rumah umumnya.

Minuman ini disuguhkan oleh tuan rumah setelah aktifitas pembuatan sarana upacara selesai di kerjakan, kita sebagai warga tidak begitu munafik dan fanatik terhadap minuman yang satu ini ,,,,kenapa?? karena menurut saya pribadi, minuman ini akan bermanfaat jikalau tempat disajikan nya tepat dan sesuai waktu nya [  the right  drink in the right place ] kira-kira itu bahasa kerennya, walaupun agak ngarang2.

Jadi gak usah terlalu dipikirkan, yang penting kita hidup rukun dan damai, minuman ini disajikan sebagai pelengkap selain kopi atau teh, dan sebagai minuman penutup, agar badan terasa hangat apalagi saat ini musim hujan,karena  tubuh ini perlu kehangatan, tapi klo gak bisa minum arak bali gak usah ikut2 an ntar, bukannya menghangatkan tubuh malah mabuk.

Dan kita mestinya sedikit bangga karena saya inget akan lagunya salah satu grup musik yaitu SLANK, kebetulan dari dulu emang ngefans sama SLANK , yang salah satu lirik lagunya ada kata2 minuman ini,  klo gak salah “”” ……arak baliku….”” sory lupa!! pokoknya gt deh.

Jadi sekali lagi jangan mengkambing hitamkan arak bali, selama dia masih asli produk bali,,bukan nya arak oplosan yang menyebabkan orang2 yang meminumnya jadi tewas seperti kejadian2 yg lalu, dan tergantung juga tempat dan situasinya,dimana minuman ini di suguhkan.

Akhir kata saya ucapkan selamat menempuh hidup baru buat kadek PIPIK, dan salam hangat buat keluarga Bli Rika,semoga acara nya berjalan lancar sesuai yang diharapkan.

salam damai selalu.

“Parama Santhi”

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: