Suasana Pura Saat Kajeng Kliwon Di Banjar Aseman Desa Abiansemal, Serasa Seperti Galungan

 

Kajeng kliwon merupakan rangkaian dari hari suci agama hindu yang datang setiap 15 hari sekali berdasarkan pertemuan Tri Wara dan Panca Wara. Dimana di hari suci ini umat Hindu sedharma melakukan persembahyangan di sanggah atau Pura.
Namun ada suasana sedikit berbeda di Banjar Aseman Desa Abiansemal dimana hari suci kajeng kliwon terasa seperti hari raya Galungan, dikarenakan pada hari suci Kajeng Kliwon tepat di sore hari, ibu-ibu PKK Banjar dengan mengenakan pakaian adat Bali bersama sama melakukan persembahyangan di pura  pura setempat sambil menghaturkan soda (sesajen). Dan saat malam warga Banjar dan Pemuda Pemudi satu persatu datang ke pura guna melakukan persembahyangan.
Menurut jero mangku selaku penglingsir di Banjar Aseman “kegiatan ini rutin di lakukan setiap rahina Kajeng Kliwon dan tradisi ini sudah di lakukan semenjak berdirinya pura pura yang ada di Banjar Aseman, terkecuali Banjar cuntaka atau ada sebel banjar. Hal ini di lakukan guna memohon keselamatan dan menjaga keharmonisan di Banjar Aseman”.
Ida Bagus Bisma Wiratma selaku prebekel Desa Abiansemal membenarkan akan hal ini dan diharapkan generasi berikutnya bisa tetap menjaga warisan dan tradisi yang ada di Banjar Aseman, serta guna melestarikan adat, seni dan budaya yang ada.
(014/KIMABS) eriana.
Iklan
%d blogger menyukai ini: