TUMPEK LANDEP: SELARASKAN HATI,TAJAMKAN PIKIRAN

Abiansemal,
Bulan maret bulan penuh berkah dimana 4 hari raya besar Hindu menghiasi kalender Bali, mulai dari hari raya Nyepi, Saraswati, Pagerwesi dan di penghujung bulan ini merupakan hari raya Tumpek Landep.
Seperti saat ini sabtu (31/03) tepatnya saniscara kliwon wuku landep dalam kalender bali, merupakan hari raya tumpek landep, dimana Tumpek Landep berasal dari kata Tumpek yang  berarti Tampek atau dekat dan Landep yang berarti Tajam. Jadi dalam arti sebenenarnya Tumpek Landep merupakan tonggak penajaman, citta, budhi dan manah (pikiran). dimana pada hari ini umat hindu melakukan puji syukur atas berkah yang telah diberikan oleh Ida Sang Hyang Widhi Wasa dalam manifestasinya sebagai Ida Bhatara Sang Hyang Siwa Pasupati.
Kesibukan umat sudah mulai terasa sehari menjelang hari tumpek landep, mulai dari persiapan banten upakara sampai urusan servis dan cuci-mencuci bagi yang memiliki kendaraan baik mobil atau motor.
Namun menurut Ketut Nadi selaku jero mangku di pura dalem desa  disela-sela kesibukannya ngayah di pura menuturkan, “ Saat ini masyarakat masih memaknai tumpek landep sebagai upacara untuk motor,mobil serta peralatan kerja dari besi namun sesungguhnya tumpek landep itu sendiri harusnya lebih menitikberatkan agar umat selalu ingat untuk mengasah budhi citta serta menajamkan pikiran (manah), yang disimbolkan dengan senjata keris pada saat digelarnya upacara tumpek landep”. “Dengan menyelaraskan hati dan pikiran (manah) yang tajam diharapkan umat dapat memerangi kegelapan atau kebodohan sehingga dapat menekan perilaku buthakala yang ada dalam diri hingga terciptanya kedamaian”. imbuhnya.
Disisi lain, yan erik yang memiliki usaha cuci motor, menjelang hari raya tumpek landep memberikan berkah tersendiri baginya. “Tidak seperti hari-hari biasa, jelang hari raya tumpek landep, dari pagi hingga petang dia masih sibuk melayani pelanggannya,lumayan untuk hari ini”. ujarnya.
Saat dihubungi ditempat terpisah, Perbekel Abiansemal IB Bisma Wiratama menyampaikan,” Selamat Hari Raya Nyepi th baru caka 1940 kepada umat sedarma, dan  selamat melaksanakan upacara Tumpek Landep”. “Semoga dengan serangkaian banyaknya upacara dibulan ini tidak menjadi beban namun dengan hati yang selaras dan tulus berbekal pikiran yang baik menjadi berkah bagi kesejahteraan dan kedamaian warga masyarakat Desa Abiansemal”. imbuhnya. (008/KIMABS)
Iklan
%d blogger menyukai ini: