Wakil Bupati Badung Ketut Suiasa hadiri Upacara Melaspas dan Peresmian Pura Taman Mesir

Abiansemal-Bupati Badung yang diwakilkan oleh Bapak Ketut Suiasa Rabu (07/03) meresmikan Pura Taman Mesir di Br.Aseman,Desa Abiansemal. Peresmian ini dirangkaikan dengan pecaruan dan Upacara Melaspas.

Pura Taman Mesir merupakan sebuah tempat suci pada umumnya, yang terletak di wilayah Br.Aseman,dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab warga Br.Aseman,Desa Abiansemal.

Bertepatan dengan Piodalan Ida Ratu Mas Alit yang berstana di Pura Taman Mesir dilaksanakan Upacara Pemlaspasan, sekaligus acara peresmian Pura Taman Mesir yang rencananya dihadiri oleh Bapak Bupati Badung, namun karena ada tugas lain maka beliau diwakilkan oleh Bapak Ketut Suiasa. Pada kesempatan tersebut turut dihadiri pula, Anggota DPRD Badung Bapak Md Ponda Wirawan, Wakil Ketua DPC PDI Perjuangan I Bagus Alit Sucipta, Camat Abiansemal ,Perbekel Abiansemal IB Bhisma Wiratma SH serta Kelian Adat dan Dinas seDesa Abiansemal.

Disambut oleh Perbekel Abiansemal, IB Bisma Wiratma SH, Md Nada Sariada selaku Kelian Dinas Br.Aseman,Putu Widiawan selaku Kelian Banjar, penglisir Puri serta Penglingsir dari Jero Aseman dan seluruh masyarakat Br.Aseman,Abiansemal.

Upacara Melaspas serta peresmian ini dilaksanakan, sehubungan dengan rampungnya semua bangunan pelinggih yang ada, sebagai tindak lanjut dari dana hibah yang diberikan oleh Pemerintah Kabupaten Badung untuk pembangunan semua Pelinggih yang ada di Pura Taman Mesir.

Dalam sambutannya, Bapak Wakil Bupati Badung menyampaikan apresiasi, karena dapat meresmikan dan menghadiri Upacara Melaspas Pura Taman Mesir ini. Menurutnya ini merupakan wujud dari konsep Pola Pembangunan Nasional Semesta Berencana guna meringankan beban masyarakat terutamanya krama banjar. Komitmen ini dilakukan sebagai upaya pelestarian seni,adat,budaya dan agama sekaligus sebagai pengaplikasian Tri Hita Karana didalam kehidupan beragama di masyarakat Desa Abiansemal.

Pada kesempatan yang sama IB Bisma Wiratma SH selaku Perbekel Abiansemal didampingi oleh Putu Widiawan Kelian Adat Br.Aseman, Md Nada Sariada Kelian Dinas serta Ketut Sudarya selaku Panitia Karya, menyatakan, “ Atas nama krama Adat Desa Abiansemal khususnya krama Br.Aseman, mengucapkan banyak terimakasih pada Pemerintah Daerah Kabupaten Badung yang telah membantu membiayai pembangunan yang telah menghabiskan dana sebesar 2.1 miliar, hingga kondisi Pura seperti terlihat saat ini begitu megah dan indah dengan didukung oleh suasana yang alami.”
(008/KIMABS)

 

Iklan
%d blogger menyukai ini: