Melasti ring Segara Seseh ( Piodalan Ngenteg Linggih Ida Ratu Begawan Penyarikan )

Weraspati pon ,5 Oktober 2017

Om Suastiastu, dumogi sami pada kenak lan rahayu.

Melanjutkan rangkaian dari Upacara Piodalan Ngenteg Linggih Ida Ratu Begawan Penyarikan, setelah 3 hari yang lalu dilaksanakan Upacara Tawur Weraspati Kalpa Agung, Mendem Pedagingan lan Mendak Siwi .

Maka saat ini dilanjutkan dengan Melasti ring Segara Seseh, cuaca pagi memang agak mendung dan sempat turun hujan, warga sudah berkumpul sejak pukul 06.30 hingga semua persiapan dirasa sudah maka acara melasti berangkat dari lokasi sekitar pukul 07.30. sebelumnya sarana upakara sudah berangkat dari awal  menuju lokasi di Segara Seseh.

Sekitar pukul 08.45 pagi, Ida Ratu Begawan Penyarikan serta Ida Ratu Mas Alit sudah sampai di lokasi pantai seseh, karena persiapan banten upakara sudah siap serta begitu juga Ida Ratu Peranda Istri ring Gria Kajeng br.keraman yang akan muput upacara melasti sudah dilokasi maka Upacara Melasti segera dilaksanakan. Tujuan dari Upacara Melasti ini adalah Melebur segala macam kekotoran pikiran, perkataan dan perbuatan, serta memperoleh air suci (angemet tirta amerta) untuk kehidupan yang pelaksanaannya dapat dilakukan di laut, danau, dan pada sumber / mata air yang disucikan.

 

Diawali dengan prosesi melis, yaitu mensucikan semua sarana upacara yang akan dihaturkan nanti, diikuti dengan prosesi lainnya, selanjutnya dilaksanakan persembahyangan memohon kehadapan Beliau Ida Betara Baruna agar Upacara Piodalan Ngenteg Linggih Ida Ratu Begawan Penyarikan dapat berjalan baik serta membuang semua kekotoran pikiran,perbuatan dan mengambil sarining merta.

Berakhirnya persembahyangan mengakhiri prosesi Upacara Melasti ini, sebelum bertolak, Ida Betara Ratu Begawan Penyarikan serta Ida Ratu Mas Alit di iring menuju segara untuk melakukan prosesi penyucian serta mengambil Tirta Segara. selanjutnya bertolak menuju ke Pura .

 

Semua proses dalam Upacara melasti ini berjalan baik sesuai yang kita harapkan walaupun sebelumnya  sempat hujan tapi tidak mengurangi semangat warga  dalam mengikuti prosesi ini. Sesampai di Pura disambut dengan tarian rejang dewa serta rejang renteng, oleh anak2 putri serta ibu-ibu pkk, hingga semua prosesi pada hari ini selesai.

 

 

 

Demikian informasi yang bisa kami sampaikan untuk saat ini, rangkaian Upacara berikutnya adalah Puncak Karya atau Adhining Karya  yang akan dilaksanakan 2 hari lagi, yaitu tanggal 7 Oktober 2017. semoga info ini  dapat bermanfaat untuk semeton. Jika terdapat penjelasan  yang kurang lengkap atau kurang tepat. Mohon dikoreksi bersama. Suksma

Om Shanti Shanti Shanti Om

doc@asemanabs2017
kontributor ;
sei dokumentasi ( kt.mustika,nym gunastra,wy.gendra, nym surama)

berikut sepintas video dan gambarnya,

 

 

 

Iklan
%d blogger menyukai ini: