Tawur Weraspati Kalpa Agung, Mendem Pedagingan lan Mendak Siwi (Karya Ngenteg Linggih Ida Ratu Begawan Penyarikan )

Soma,Kliwon uku wariga  2 Oktober 2017

Om Suastiastu, dumogi sami pada kenak lan rahayu.

Setelah kemarin dilaksanakan Upacara Memben Tawur maka hari ini tepatnya Soma kliwon , Senin 2 oktober 2017, dilanjutkan dengan Upacara Tawur Weraspati Agung.  Sejak pagi warga sudah berdatangan untuk mengikuti prosesi ini. Hari ini akan dilaksanakan 2 prosesi yaitu Tawur Weraspati Agung, Mendem Pedagingan lan Mendak Siwi

Tawur juga  mengandung arti mengembalikan atau membayar, kita selaku manusia selalu mengambil sumber-sumber alam untuk mempertahankan hidup. Perilaku mengambil perlu diimbangi dengan perbuatan memberi, yaitu berupa persembahan yang tulus ikhlas. Ini berarti, Tawur Agung  bermakna memotivasi keseimbangan jiwa.

Tawur juga sama dengan Caru , menurut penuturan  Jero Mangku Restu , Upacara ini dalam skala besar menembus alam lebih tinggi, luas dan lebih dalam serta waktu magis aura terbangun lebih lama. Contoh ayam ukud/ eka satu waktu magisnya satu tahun, ayam lima/ panca sata magisnya lima tahun, sedang Tawur harin ini  tawur mesanak jangkep penyerang/ dikwidik mekuluk bang bungkem nika sampun magisnya satu generasi( 30 th) bang =merah, bungkem = hitam artinya habis tawur harapan kita semua habis gelap terbitlah terang, siap menyongsong kesucian hidup menuju jagathita, dimana kita semua berkarakter manusia sejati( selalu berprilaku kasih) untuk menyongsong turunya para dewa(cahaya illahi) yaitu kita akan bisa saling memuliakan. Sesungguhnya akhir dari segala kehidupan adalah Realisasi Diri menyatu dgn real Tuhan.

Ini masih penuturan jero mangku, bahwa prosesi Tawur diawali dengan  Baya Kaon mengandung makna menetralisir segala bahaya, selanjut nya Durmangala( menetralisir bencana), Prayascitta (menetralisir kekotoran pikiran), Pengulapan untuk memperkuat iman/tekad suci, baru dilaksanakan  Pecaruan ,Caru ( sansekerta car artinya cantik, indah harmonis)

Kalau di dalam diri Siwa bersemayam di jantung, Buddha bersemayam di hati, Bhujangga bersemayam di sekujur tubuh, kalau diilmiahkan Siwa mempermudah hidup, Buddha mengarahkan hidup dan Bhujangga memperindah hidup. Sehingga nanti tujuan meyadnya adalah pencapaian Hidup Mudah, Terarah dan Indah.

 

Dalam prosesi ini juga dilaksanakan prosesi Mepurwadaksina.Mapurwa Daksina adalah prosesi ritual untuk mengelilingi atau mengitari sebanyak tiga kali dari arah timur ke selatan yang dalam pengider  bhuwana  disebutkan artinya dalam bahasa Kawi:

  • purwa = timur,
  • daksina = selatan,

Jadi mapurwa daksina merupakan bagian dari ritual dengan berjalan melingkar dari arah timur ke selatan atau dari kiri ke kanan sesuai dengan arah jarum jam sebanyak tiga kali (simbol tri kona : utpti, stiti, pralina) sambil menyanyikan kidung-kidung suci sebagai simbol “peningkatan status” dalam suatu upacara. atau Makna dari mepurwa daksina adalah sebagai simbul meningkatkan status dari Atman (roh) , atau merupakan suatu proses penyucian dari Atman akan menuju sumberNya yaitu Sang Hyang Paramaatma.

Upacara Tawur ini kepuput oleh 4 Sulinggih,  yaitu Ida Panditha Siwa, Buddha, dan Bhujangga. Yang muput dalam Upacara Tawur ini adalah Ida Pedanda Gria Jadi ( tabanan ), Ida Pedanda Gria Tegeh (banjar-banjaran) Jero Gede Sibang Kaja, Ratu eranda Istri Gria Agung serta Pemangku Khayangan Tiga dan dibantu serati banten lan pengayah lainnya.

Pada saat bersamaan berlangsungnya prosesi Tawur , ditampilkan beberapa wali yang diiringi tetabuhan dari sekehe gong beserta sekehe Shanti  dari Br.Keraman ,Abiansemal, kami selaku warga Br.Adat Aseman menghaturkan banyak-banyak terimakasih telah ikut membantu ngayah dalam berlangsungnya prosesi Tawur ini.

Tetabuhan selonding dari putra-putra seni  terbaik dari Br.Aseman, tarian topeng serta wayang lemah.

Ada sesuatu yang menarik dalam prosesi ini, karena ditampilkan juga tarian Rejang Dewa dari putri-putri cantik serta tarian rejang renteng dari ibu-ibu PKK  Br.Aseman,

serta yang tak kalah menariknya, dari sekian pekan telah berlatih untuk persiapan dalam Upacara Piodalan Ngenteg Linggih Ida Ratu Begawan Penyarikan, yaitu ditampilkan  tarian wali  Baris Gede, yang beberapa penarinya berasal dari sekehe truna dan bapak-bapak pengele, semua tarian  wali  ini ditampilkan seiring berlangsungnya prosesi Tawur.

Setelah Tarian  Topeng Sidakarya ditampilkan menandakan berakhirnya semua prosesi Upacara Tawur ini, serta dilanjutkan dengan persembahyangan bersama.

Mengakhiri persembahyangan sesudah semua warga nunas tirta lan wija, juga diadakan tabuh rah, untuk melengkapi prosesi Tawur ini.

Upacara Tawur Weraspati Agung terlaksana dengan baik dan lancar berkat doa kita bersama selaku warga pengempon Pura Ratu Begawan Penyarikan serta kerjasama yang baik antara pihak panitia karya serta semua warga. Dan didukung juga dari pihak Dinas Kesehatan Pemkab Badung dengan team KBS nya juga ikut membantu warga dari sisi kesehatannya.

Dalam Upacara Tawur ini dihadiri oleh perwakilan dari Bp.Bupati Badung diwakilkan oleh Bpk Kadis Kebudayaan Pemkab Badung  IB. Anom Bhasma, serta dari Dprd Badung di wakilkan oleh Bp.Md Ponda Wirawan beserta Perangkat Desa Adat Abiansemal.

Berakhkirnya prosesi Tawur, akan dilanjutkan dengan Upacara Mendak Siwi, prosesi ini masih merupakan rangkaian dari Upacara Melaspas Mendem Pedagingan,Ngenteg Linggih Pedudusan Alit ,Tawur Weraspati Kalpa Agung Ida Ratu Begawan Penyarikan. Upacara ini dipusatkan di pertigaan ( marga tiga ) tepatnya di depan Balai Banjar – Banjaran Desa Adat Abiansemal.

 

Demikian informasi yang bisa kami sampaikan untuk saat ini, rangkaian Upacara berikutnya adalah Melasti ke Segara Seseh yang akan dilaksanakan 3 hari lagi, yaitu tanggal 5 Oktober 2017. semoga info ini  dapat bermanfaat untuk semeton. Jika terdapat penjelasan  yang kurang lengkap atau kurang tepat. Mohon dikoreksi bersama. Suksma

Om Shanti Shanti Shanti Om

doc@asemanabs2017
kontributor ;
Jro Mangku Restu, Jro Mangku Dalem Desa, dan  beberapa artikel diambil dari internet
sei dokumentasi ( kt.mustika,nym gunastra,wy.gendra, nym surama)

berikut sepintas video dan gambarnya,

 

 

 

Iklan
%d blogger menyukai ini: