Gerhana Matahari Tak Berpengaruh ke Perubahan Cuaca

Fenomena gerhana matahari yang terjadi pada hari Senin (21/5/2012) dikhawatirkan akan memberikan dampak pada perubahan lingkungan di bumi seperti cuaca, arus angin dan gelombang laut. Namun Deputi sains, Pengkajian, dan Informasi Kedirgantaraan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Thomas Djamaluddin menampik hal tersebut.

“Ini merupakan peristiwa yang biasa. Tidak akan ada perubahan cuaca,” ujar Thomas saat dikonfirmasi detikcom, Minggu (20/5/2012) malam.

Menurut Thomas, dalam setahun terakhir di bumi akan sering terjadi gerhana. TIdak hanya gerhana matahari, tapi juga gerhana bulan.

“Terjadi minimal dua kali gerhana matahari selama setahun. Gerhana matahari dan bulan totalnya lima hingga 7 kali per tahun,” papar Thomas.

Fenomena gerhana matahari ini merupakan yang pertama di tahun 2012. Menurut Thomas, sebelum atau sesudah terjadinya gerhana matahari, biasanya gerhana bulan juga turut mengikuti. “2 pekan setelah ini akan terjadi gerhana bulan pada 4 Juni mendatang,” tutup Thomas.

Sumber: detik.com

%d bloggers like this: