Tutug Solas rahina ” Nyineb”

Sukra,Wage,Wariga
( 6 Jan. 2012 )
Pk.16.00 ngantos puput

Pada hari tersebut diatas, telah dilangsungkan Upakara Tutug Solas Rahina Piodalan Ida Betara ring Pura Panti Penataran Agung, acara semestinya sudah dimulai pukul 13.00 sore karena ada sesuatu dan lain hal maka upacara diundur, dan baru dimulai pukul 16.00 sore.

Cuaca awal memang agak mendung, tapi syukur upacara yang di puput oleh Ida Pedanda Istri Gria Agung beserta Ida Pedanda Istri Gria Kajeng dan dibantu para oleh pemangku, berlangsung lancar.

Upacara diawali dengan “melis” untuk menyucikan semua sarana upacara beserta pelinggih-pelinggih yang ada, dan dipersembah kan wali tarian rejang dewa oleh anak-anak br.aseman, serta tarian sutri dari Ibu PKK dan juga Tari Topeng Pajegan beserta Wayang lemah.

Usai upacara “melis” dan ditutup  dengan tari topeng sidakarya, acara dilanjutkan dengan sembahyang bersama yang dipimpin oleh Ida Ratu Peranda.

Rangkaian Upacara tutug solas rahina lan Nyineb  Ida Betara di Pura Panti Penataran Agung, dilanjutkan dengan acara ngaturang “pependetan” , yang dipimpin oleh Jero Mangku. hinggga usai acara mendet dilanjutkan dengan Upakara Ngaed.

Hujan yang mengguyur semenjak upacara ngaed dilaksanakan tidak menyurutkan semangat  para pengayah, hingga waktu menunjukan pukul 20.30 upacara ngaed usai, dan lanjutkan dengan mendem “panyegjeg bagia pula kerthi”

Dan berakhirlah rangkaian Upacara Tutug Solas Rahina Piodalan dan Ida Betara Nyineb, hingga acara besok Ida Betara yang berstana di Pura Panti Sedang akan kembali ke payogan Beliau dan Ida Betara Ratu Mas Alit kembali juga ke payogan Beliau ke Pura Taman Mesir.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga ada manfaatnya, jikalau ada yang salah mohon maaf dan mohon dikoreksi, dan mari kita simak info dalam gambar berikut ini :

niki video nya ”

%d bloggers like this: