Nyegara Gunung ke Segara Peti Tenget

Radite,Paing,Wariga
( 1 Jan. 2012)
Pk.08.00

Menginjak hari ke 7 Piodalan Ida Betara ring Pura Panti Penataran Agung, Br.Aseman Abiansemal, dilaksanakan Upacara Nyegara Gunung. Upacara di puput oleh Ida Pedanda Istri Gria Agung, serta dibantu oleh pemangku dan warga pemaksan.

Upacara ini bertujuan untuk mensucikan kembali Pretima Ida Betara ke Segara atau Laut karena, Segara merupakan sumber 7 mata air suci yang mewakili dari 7 sungai suci di India( Gangga, Sindhu, Saraswati, Yamuna, Godawari, Narmada, Sarayu) mengalir dan bermuara ke laut, dan laut di dunia menyatu, maka bagi kita laut telah disucikan oleh ke-7 sungai itu.

Berangkat sekitar Jam 8.00 pagi, dengan sarana kendaraan yang telah dipersiapkan sebelumnya, iring-iringan di kawal oleh satuan pengawal dari kepolisian, hingga tidak ada kendala yang dirasa diperjalanan.

Sampai di Segara Peti Tenget, sarana upacara yang sebelumnya sudah dipersiapkan lebih awal oleh seksi upakara, upacra segera dilaksanakan, dengan dipimpin oleh para pemangku.

Diakhiri dengan sembahyang bersama, memohon kepada Ida Hyang Betara yang berstana di Segara, semoga dengan upacara tersebut kita Umat Hindu khususnya yang berada di wilayah Br.Aseman pengempon Pura Panti Penataran Agung, diberikan kerahayuan dan kesejahteran bersama, hidup rukun dan damai dan memohon agar Upacara yang diadakan berjalan lancar, labda karya.

Sehabis upacara yang dipusat kan di pantai, Pretima2 Ida Betara lalu di pundut dan di iring menuju Pura Segara Peti Tenget, yang selanjutnya dilangsungkan kembali upacara yang dipimpin oleh Ida Pedanda Istri Gria Agung.

Sekitar jam 11.00 , segera setelah usai upacara, Pretima2 Ida Betara kembali menuju ke Pura Panti, dengan rute perjalanan kembali seperti semula, keadaan jalan sudah mulai macet berhubung pada saat itu adalah awal perayaan tahun baru 2012.

Untuk info selanjutnya mari kita simak lewat gambar dan video berikut ini,

video nya :

.

.

.

.

.

%d bloggers like this: