Upacara Ngaben

Upacara Ngaben, adalah prosesi upacara pembakaran jenazah, Sebagaimana dalam konsep Hindu mengenai pembakaran jenazah, upacara ini sebagai upaya untuk mempercepat pengembalian unsur-unsur,zat pembentuk dari raga,wadag,badan kasar manusia.

Pada hari jumat yang lalu tepatnya,23 juli 2010 keluarga Dewa Aji berduka karena ibunda tercinta meninggal ,dan dilangsungkan segera upacara pengabenan, antusias warga banjar aseman sangat terasa sekali, dari mulai upacara penyiraman sampai pengabenan dengan sifat gotong royong yang begitu kental, dalam waktu singkat sarana dan prasarana dikerjakan bersama sama warga.

Tepatnya,upacara dilaksanakan hari jumat 23 juli 2010, sekitar jam 12.30 jenasah sudah diberangkatkan ke setra gede. Warga sudah mulai berkumpul sebelum jam 12 . 00 siang, hingga “Puja Trisandya” berkumandang ,pak kelian mulai bersiap-siap nepak kulkul banjar.

Ada suatu kebanggan tersendiri saya selaku warga merasa, bahwa sifat gotong royong di banjar saya masih sangat kental, semoga hal ini bisa tetap kita jaga bersama,karena sangat sulit bisa menyatukan begitu banyak warga yang memiliki profesi yang berbeda-beda,hingga mereka berusaha meluangkan waktunya. salut dan bangga buat Banjar Aseman,Abiansemal.

Salam damai selalu.

%d bloggers like this: